Penulis : Wa Muna
Penerbit : Teras Perum POLRI Gowok Blok
D 3 No.200
TempatTerbit : Depok Sleman Yogyakarta
TahunTerbit : 2011
JumlahHalaman : viii+186 Halaman
TebalBuku : 15,5 cm x 23 cm
ISBN : 978-406-978-347-4
Oleh Ahmad Miftahur Roziqi / 2812133004
Didalam buku ini telah di jelaskan bahwasanya
dalam prinsip- prinsip pembelajaran bahasa Arab ini memiliki 3 prinsip yang
sangat penting. Ketiga aprinsip tersebut diantaranya adalah :Perencanaan,
Pelaksanaan, dan Evaluasi.ketiga prisip ini harus dilakukan secara baik
bagi seseorang yang akan mempelajari bahasa Arab, sehingga prinsip-prinsip
di atas saling berkaitan satu sama lain. Jadi apabila seseorang ketika ingin mempelajari
bahasa Arab hanya menggunakan sebagian prinsip di atas, kemungkinan besar akan menemukan
kesulitan-kesulitan dalam mempelajarinya. Dari segi proses, pembelajaran dikatakn berhasil apabila semuanya saling berkaitan, baik fisik,
mental, maupun social dalam proses pembelajarannya. Selain itu peserta didik menunjukkan
semangat yang tinggi serta rasa percaya diri ntuk menunjukkan bahwa dia akan mencapai
keberhasilan dalam belajarnya.
Perkembangan metodologi bahasa Arab
di Indonesia. Bahwa bahasa Arab masuk wilayah
Indonesia dapat di pastikan bersamaan dengan masuknya Islam di Nusantara ini.
Dengan demikian maka pelajaran bahasa Arab pertama kali di Indonesia adalah untuk memenuhi kebutuhan
muslim untuk menunaikan ibadah khususnya sholat.sesuai kebutuhan di maksud,
maka materi yang di ajarkanpun berkisar seputar
bacaan-bacaan sholat, surat-surat pendek dalam Al-Qur’an.
Akan tetapi dalam perkembangannya
metode ini di rasa tida kefektif, karena Al- Qur’an bukan saja sarana peribadatan, melainka sebagai
pedoman hidup yang harus di fahami maknanya , dan di amalkan ajaran-ajarannya.
Oleh sebab itu maka muncullah sebuah ilmu kedua dalam bentuk pendalaman ajaran islam
dan bertujuan untuk memahami isi Al-Qur’an. Yaitus ebuah ilmu yang dinamakan sebuah
ilmu Nahwu-Shorof. Dalam pelajaran bahasa Arab bentuk kedua ini metode yang di
gunakan dalah metode gramatika terjemah( Qawaidwatarjamah )dengan teknik
penyajian guru dan murid sama-sama memegang buku.pengajaran bentuk kedua ini digolongkan
kedalam bentuk pengajaran bahasa dengan tujuan yang khusus. Dan di Indonesia
metode ini yang paling dominan di gunakan. Oleh karena itu dalam hal belajar sebaiknya
kita memilih metode yang tepat dalam penerapan bahasa Arab.
Dalam memepelajari bahasa,
ternyata membutuhkan proes yang panjang untuk kita dapat menguasai bahasa Arab dengan
baik, sepertihalnya Bayi,Dia tidaks erta merta langsung dapat berbicara, akan tetapi
ketika belum dapat bicara, Ia mempelajari bahasa itu sedikit demi sedikit, kata
demi kata.jadi kita harus sedikit demi sedikit pula dalam hal mempelajar ibahasa
Arab sampa ikita bisa menguasai bahasa Arab dengan baik.akan tetapi rendahnya minat
dan motivas iuntuk mempelajari bahasa Arab di sebabkan oleh rendahnya penghargaan terhadap bahasa
Arab.untuk itu antusias dan semanga tuntuk mempelajari bahasa Arab sebagai alat
komunikasi harus lebih di tingkatkan baik secara langsung maupun tidak langsung.
Belajar bahasa Asing bila ditunjang
faktor pendukung akan membantu mempercepat
pemahaman kita terhadap bahasa yang kita pelajari. Faktor pendukung adalah
beberapa faktor yang bisa membantu dan menguntungkan dalam pelaksanaan pengajaran
bahasa Arab di suatu lembaga pendidikan. Dapat disebutkan beberapa faktor
penunjang adalah :
1.
Bahasa
Arab telah dikenal oleh para peserta didik
2.
Sejak
kecil peserta didik telah mengenal huruf Arab
3.
Sejak
kecil peserta didik telah mengenal kebudayaan bangsa Arab
4.
Bangsa
Indonesia mayoritas penduduknya memeluk agama islam merupakan spirit tersendiri
untuk mempelajarinya, dll
Untuk menumbuhkan
motivasi dan minat para mahasiswa khususnya dan umumnya masyarakat Indonesia
untuk mempelajari bahasa Arab, maka diharapkan para pendukung-pendukung bahasa
Arab yang dalam hal ini adalah Dosen dan para pengajar bahasa Arab untuk lebih kreatif
dalam menciptakan metode-metode yang sesuai dengan keadaan siswa dan peserta didik
pada umumnya.
Selain metode-metode
yang telah di paparkan diatas, ada juga beberapa metode untuk
Mempelajari bahasa Arab yang telah dipaparkan oleh Tayar Yusuf
danSyaiful Anwar yaitu :
1.
Metodebercakap-cakap
( Muhadatsah )
2.
Metodemuthola’ah(
Membaca )
3.
Metodeimla’
( Mendikte )
4.
Metodemahfudzot
( Menghafal )
5.
Metodeinsya’
( Mengarang )
Starategi
pengajaran bahasa Arab adalah suatu sarana yang digunakan para peserta didik untuk
saling berkomunikasi dengan peserta didik yang lain. Dalam hal ini ada beberapa
strategi yang di gunakan yaituIstima’adalah strategi menyimak. dalam strategi
ini yaitu seorang Guru menyampaikan tentang pentingnya istima’ dan menjelaskan karakter
materi yang akan disamapaikan kepada siswa, serta membatasi tujuan yang hendak dicapai serta member kesempatan
kepada siswa untuk memahami materi pelajaran yang telah disampaikan.
Selanjutnya adalah Kalam adalah Berbicara dengan bahasa Asing merupakan sebuah
keterampilan dasar yang menjadi tujuan dari beberapa tujuan pengajaran bahasa.dalam
hal ini pembelajaran kalam juga di bagi menjadi beberapapembelajaran yaitu :
1.
Bagi
pmbelajar mubtadi’ ( pemula ) dalam hal ini pengajaran yang di gunakan adalah
Guru mulai melatih berbicara dengan memberi pertanyaan-pertanyaan yang harus di
jawab oleh siswa.
2.
Bagi
pembelajar Mutawasith ( lanjutan ) yaitu bercerita tentang informasi yang telah
didengar dari televise, radio atau lain-lainnya.
3.
Bagi
pembelajar mutaqaddimin ( tingkat atas ) adalah mempersilahkan siswa memilih
dua teman atau lebih sampai akhirnya siswa bebas memilih tema yang
dibicarakan tentang apa yang mereka
ketahui.
.
Teknik pengajaran
bahasa Arab , dalam teknik ini terdapat beberapa unsur bahasa yakni tata bunyi,
tata tulis, tata kata, tata kalimat, dan kosa kata. Untik melatih dan
mengajarkan unsur-unsur keterampilan tersebut, telah dikembangkan berbagai cara
atau teknik yaitu ;
1.
Teknik
bunyi( dalam teknik ini pembelajaran tidak dimulai dengan pengenalan huruf,
tapi langsung pada bunyi )
2.
Teknik
tentang pengajaran Tata-Bahasa atau
struktur ( dalam metode pembelajaran bahasa modern, pembelajaran tata bahasa
yang berfungsi sebagai alat penunjang tercapainya kemahiran bahasa Arab
Sebaiknya untuk
para siswa ataupun siapa saja yang ingin mempelajari bahasa arab,
sebaiknya berusaha belajar dengan cara
menggunakan metode-metode atau
cara-cara nyang telah di paparkan
sebagaimana yang diatas. apabila
eseorang yang belajar dengan menggunakan metode belajarnya yang baik insyAlloh
akan sangat mudah untuk membelajarinya.
0 komentar:
Posting Komentar