Penulis : Ulin Nuha,M,Pd.I.
Cetakan : Pertama : November 2012
Tebal : 320 hlm
Harga : Rp 32.400,-
Oleh Dewi Khusnita / 2812133016
Pada masa bani umayyah, bahasa arab adalah bahasa yang melambangkan
sebuah ketinggia dan keagungan derajat. pada masa ini, bahasa arab juga
mengalami sedikit kemunduran. Kemunduran tersebutkarena adnya pengaruh bahasa
bahasa kedaerahan yang masih dipakai oleh penduduk yang berada dibawah
kekuasaan islam.bahasa arab tersebut disebut dengan bahasa ammiyah.pada
abad ke 5 hijriyah bahasa arab sudah mulai hilang dan digantikan dengan
bahasa-bahasa daerah.
Ada beberapa sifat bahasa menurut para strukturalis :
1.
Bahasa
bersifat sistematik, yang artinya bahasa adalah sesuatu yang diikat dengan
kaidah-kaidah dan ketentuan dan peraturan yang rapid dan teratur.
2.
Bahasa
bersifat arbiter, yang berarti bahasa tersebut bersifat semena-mena antara signified
dan sifnifiant atau antara makna dan bentuk.
Sedangkan menurut Abdul Chaer, cirri atau sifat bahasa itu terdiri
atas berbagai bentuk dan wajah : pertama, bahasa itu adalah sistem. Kedua,
bahasa itu berwujud lambang. Ketiga,berupa bunyi. Keempat,
bersifat arbiter. Kelima, bermakna. Keenam, bersifat konvensional.
Ketujuh, bersifat unik. Kedelapan, bersifat universal. Kesembilan,
bersifat produktif. Kesepuluh, bervariasi. Kesebelas, dinamis. Keduabelas,
berfungsi sebagai alat interaksi social. Ketigabelas, bahasa merupakan
identitas penutupnya.
Fungsi Bahasa Adalah Sebagai Berikut :
1.
Bahasa
Untuk Menyatakan Ekpresi Diri.
2.
Bahasa
Sebagai Alat Komunikasi.
3.
Bahasa
Sebagai Alat Mengadakan Integrasi Dan Adaptasi Social.
4.
Bahasa
Sebagai Alatuntuk Mengadakan Control.
Cirri-Ciri
Bahasa Arab :
1.
Memiliki
Gaya Bahasa Yang Beragam
2.
Dapat
Diekspresikan Secara Lisan Dan Tulisan.
3.
Memiliki
Sistem Dan Aturan Yang Spesifik.
4.
Memiliki
Sifat Arbiter.
5.
Selalu
Berkembang Secara Produktif Dan Kreatif.
6.
Memiliki
Sistem Bunyi Yang Khas.
7.
Mempunyaisistem
Tulisan Yang Khas.
8.
Mempunyai
Struktur Kata Yang Bisa Berubah Dan Bereproduksi.
9.
Memiliki
Sistem I’rob.
10.
Sangat
Menekankan Konformitasantar Unsurnya.
11.
Sangat
Kaya Makna Majasi.
12.
Terjadi
Perbedaan Antara Makna Kamus (Al-Ma’na Al-Mu’jami) Dengan Makna Yang
Dikehendaki Dalam Konteks Kalimat Tertentu (Al-Makna As-Siyaqi)
Proses kemajuan berbahasa atau mempelajari bahasa arab bagi orang
Indonesia sangat tergantung pada dua factor : pertama, tingginya
perbedaan dan persamaan antara bahasa mereka dan bahasa arab yang sedang
dipelajari. Kedua, seberapa jauh siswa memberikan pengaruh terhadap
proses mempelajari bahasa arab.agar lebih gampang untuk memahami bahasa arab
bisa dengan : maharotul istima’ tujuan dari maharotul istima’ ini untuk : (1)
mampu mengenali bunyi-bunyi bahasa arab, (2) dapat membedakan bunyi unsure
kata, (3) memahami isi dari yang didengar, (4) menguasai tanda-tanda bahasa
yang diucapkan, yang menjadi petunjuk dalam menyimak, (5) cekatan dalam
menangkap pokok-pokok pikiran pembicaraan, (6) dapat mengenal pikiran tambhan,
(7) dapat membedakan gagasan dari contoh, (8)mampu menangkap keterangan dan
menirukan secara utuh, (9) mampu menyimaksecara kritis, (10) dapat melatih dan
mengembangkan kemahiran menyimak secara utuh.
Tahapan-tahapan dalam pembelajaran
menyimak
a.
Fase
pengenalan (identifikasi)
b.
Fase
identifikasi lanjutan
c.
Fase
pemahaman permulaan.
d.
Fase
pemahaman pertengahan.
e.
Fase
pemahaman lanjutan.
Macam-macam ketrampilan dalam
berbahasa arab :
1.
Ketrampilan
menyimak (maharah al-istima’)
2.
Ketrampilan
berbicara (maharah al-kalam)
3.
Ketrampilan
membaca (maharah al-qira’ah)
4.
Ketrampilan
menulis (maharah al-kitabah)
Pembelajaran adalah interaksi bolak-balik antara dua pihak yang
salling membutuhkan, yaitu guru dan murid.metode itu sebenarnya adalah
se[erangkat cara yang digunakan oleh seorang guru dalam menyampaikan ilmu atau
transfer ilmu kepada anak didiknya. jadi, metode pembelajaran itu sangat
berperan penting dalam melakukan pembelajaran atau pengajaran terhadap anak
didik.dan dengan metode pembelajaran seorang guru akan semakin terampil dalam
melakukan pengajaran dan menyampaikan materi pelajaran.adapun macam-macam
metode yang digunakan dalam mengajar adalah :1) Direct method atau metode
langsung.2) Psychological method 2) Phonetic method. 3)Natural method. 4) Reading
method. 5) Grammer method. 6)Translation method. 7) grammer
translatin method. 8) Ecletic method. 9) Unit method. 10) Language control
method. 11) Mim-mem method. 12) Practice-theory method. 13) Cognate method. 14)
dual language method.
Dan tidak hanya dengan metode saja dalam melaksanakan pengajaran
kepada peserta didik, melainkan menggunakan media pun juga cukup membantu dalam
melakukan pembelajaran. Agar para pesera didik lebih memahami yang secara rinci
dan jelas dalam melakukan belajar.misalnya : papan tulis, dengan papan tulis
karena selain murah harganya papan tulis juga bisa sebagai papan pengumuman
yang bisa dipasang pada sudut yang sempit,alat untuk menempelkan peta, juga
bisa menayangkan OHP ataupun LCD proyektor.yang kedua adalah OHP,ohp berfungsi
untuk mempermudah dalam presentasi,yang ketiga gambar,dengan gambar para
peserta didik bisa lebih memahami tanpa harus menjelaskan yang lebih
detail.yang terakhir flash card.atau juga bisa menggunakan laboratorium.
Sebagai pembaca dengan adanya buku “Metodologi Super Efektif
Pembelajaran Bahasa Arab”kita lebih mudah dalam melakukan proses belajar
mengajar antara murid dan guru.dan kita bisa mengetahui bagaimana caranya untuk
mengajar yang lebih baik dalam suatu pengajaran.dan kita lebih mudah
menerapkannya dan lebih mudah untuk melakukan suatu pengajaran.
Kerancuan ada bebarapa yang tidak bisa saya pahami seperti tingkat
paling tinggi. Di sini menjelaskan tentang teknik atau strategi dalam
pembelajaran tetapi saya tidak bisa memahami karena bahasa yang digunakan
menggunakan bahasa arab tetapi di dalam buku ini tidak ada sama sekali
terjemahannya.
Dalam buku ini memang memperkenalkan bahasa arab serta mengulas
tentang cara-cara mengajar dengan baik.
assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. untuk dapatain buku ini dimana ya kak?, saya perlu untuk referensi skripsi. terimakasih kak,
BalasHapus