Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 30 Mei 2014

METODOLOGI SUPER EFEKTIF PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Judul Buku      : Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab
      Penulis             : Ulin Nuha,M,Pd.I.
      Penerbit                 : DIVA press,Yogyakarta
      Cetakan                 : Pertama : November 2012
      Tebal                      : 320 hlm
      Harga                     : Rp 32.400,-






Oleh Dewi Khusnita / 2812133016
Pada masa bani umayyah, bahasa arab adalah bahasa yang melambangkan sebuah ketinggia dan keagungan derajat. pada masa ini, bahasa arab juga mengalami sedikit kemunduran. Kemunduran tersebutkarena adnya pengaruh bahasa bahasa kedaerahan yang masih dipakai oleh penduduk yang berada dibawah kekuasaan islam.bahasa arab tersebut disebut dengan bahasa ammiyah.pada abad ke 5 hijriyah bahasa arab sudah mulai hilang dan digantikan dengan bahasa-bahasa daerah.
Ada beberapa sifat bahasa menurut para strukturalis :
1.      Bahasa bersifat sistematik, yang artinya bahasa adalah sesuatu yang diikat dengan kaidah-kaidah dan ketentuan dan peraturan yang rapid dan teratur.
2.      Bahasa bersifat arbiter, yang berarti bahasa tersebut bersifat semena-mena antara signified dan sifnifiant atau antara makna dan bentuk.
Sedangkan menurut Abdul Chaer, cirri atau sifat bahasa itu terdiri atas berbagai bentuk dan wajah : pertama, bahasa itu adalah sistem. Kedua, bahasa itu berwujud lambang. Ketiga,berupa bunyi. Keempat, bersifat arbiter. Kelima, bermakna. Keenam, bersifat konvensional. Ketujuh, bersifat unik. Kedelapan, bersifat universal. Kesembilan, bersifat produktif. Kesepuluh, bervariasi. Kesebelas, dinamis. Keduabelas, berfungsi sebagai alat interaksi social. Ketigabelas, bahasa merupakan identitas penutupnya.
Fungsi Bahasa Adalah Sebagai Berikut :
1.      Bahasa Untuk Menyatakan Ekpresi Diri.
2.      Bahasa Sebagai Alat Komunikasi.
3.      Bahasa Sebagai Alat Mengadakan Integrasi Dan Adaptasi Social.
4.      Bahasa Sebagai Alatuntuk Mengadakan Control.
Cirri-Ciri Bahasa Arab :

1.      Memiliki Gaya Bahasa Yang Beragam
2.      Dapat Diekspresikan Secara Lisan Dan Tulisan.
3.      Memiliki Sistem Dan Aturan Yang Spesifik.
4.      Memiliki Sifat Arbiter.
5.      Selalu Berkembang Secara Produktif Dan Kreatif.
6.      Memiliki Sistem Bunyi Yang Khas.
7.      Mempunyaisistem Tulisan Yang Khas.
8.      Mempunyai Struktur Kata Yang Bisa Berubah Dan Bereproduksi.
9.      Memiliki Sistem I’rob.
10.  Sangat Menekankan Konformitasantar Unsurnya.
11.  Sangat Kaya Makna Majasi.
12.  Terjadi Perbedaan Antara Makna Kamus (Al-Ma’na Al-Mu’jami) Dengan Makna Yang Dikehendaki Dalam Konteks Kalimat Tertentu (Al-Makna As-Siyaqi)
Proses kemajuan berbahasa atau mempelajari bahasa arab bagi orang Indonesia sangat tergantung pada dua factor : pertama, tingginya perbedaan dan persamaan antara bahasa mereka dan bahasa arab yang sedang dipelajari. Kedua, seberapa jauh siswa memberikan pengaruh terhadap proses mempelajari bahasa arab.agar lebih gampang untuk memahami bahasa arab bisa dengan : maharotul istima’ tujuan dari maharotul istima’ ini untuk : (1) mampu mengenali bunyi-bunyi bahasa arab, (2) dapat membedakan bunyi unsure kata, (3) memahami isi dari yang didengar, (4) menguasai tanda-tanda bahasa yang diucapkan, yang menjadi petunjuk dalam menyimak, (5) cekatan dalam menangkap pokok-pokok pikiran pembicaraan, (6) dapat mengenal pikiran tambhan, (7) dapat membedakan gagasan dari contoh, (8)mampu menangkap keterangan dan menirukan secara utuh, (9) mampu menyimaksecara kritis, (10) dapat melatih dan mengembangkan kemahiran menyimak secara utuh.
Tahapan-tahapan dalam pembelajaran menyimak
a.       Fase pengenalan (identifikasi)
b.      Fase identifikasi lanjutan
c.       Fase pemahaman permulaan.
d.      Fase pemahaman pertengahan.
e.       Fase pemahaman lanjutan.
Macam-macam ketrampilan dalam berbahasa arab :
1.      Ketrampilan menyimak (maharah al-istima’)
2.      Ketrampilan berbicara (maharah al-kalam)
3.      Ketrampilan membaca (maharah al-qira’ah)
4.      Ketrampilan menulis (maharah al-kitabah)
Pembelajaran adalah interaksi bolak-balik antara dua pihak yang salling membutuhkan, yaitu guru dan murid.metode itu sebenarnya adalah se[erangkat cara yang digunakan oleh seorang guru dalam menyampaikan ilmu atau transfer ilmu kepada anak didiknya. jadi, metode pembelajaran itu sangat berperan penting dalam melakukan pembelajaran atau pengajaran terhadap anak didik.dan dengan metode pembelajaran seorang guru akan semakin terampil dalam melakukan pengajaran dan menyampaikan materi pelajaran.adapun macam-macam metode yang digunakan dalam mengajar adalah :1) Direct method atau metode langsung.2) Psychological method 2) Phonetic method. 3)Natural method. 4) Reading method. 5) Grammer method. 6)Translation  method.  7)  grammer translatin method. 8) Ecletic method. 9) Unit method. 10) Language control method. 11) Mim-mem method. 12) Practice-theory method. 13) Cognate method. 14) dual language method.
Dan tidak hanya dengan metode saja dalam melaksanakan pengajaran kepada peserta didik, melainkan menggunakan media pun juga cukup membantu dalam melakukan pembelajaran. Agar para pesera didik lebih memahami yang secara rinci dan jelas dalam melakukan belajar.misalnya : papan tulis, dengan papan tulis karena selain murah harganya papan tulis juga bisa sebagai papan pengumuman yang bisa dipasang pada sudut yang sempit,alat untuk menempelkan peta, juga bisa menayangkan OHP ataupun LCD proyektor.yang kedua adalah OHP,ohp berfungsi untuk mempermudah dalam presentasi,yang ketiga gambar,dengan gambar para peserta didik bisa lebih memahami tanpa harus menjelaskan yang lebih detail.yang terakhir flash card.atau juga bisa menggunakan laboratorium.
Sebagai pembaca dengan adanya buku “Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab”kita lebih mudah dalam melakukan proses belajar mengajar antara murid dan guru.dan kita bisa mengetahui bagaimana caranya untuk mengajar yang lebih baik dalam suatu pengajaran.dan kita lebih mudah menerapkannya dan lebih mudah untuk melakukan suatu pengajaran.
Kerancuan ada bebarapa yang tidak bisa saya pahami seperti tingkat paling tinggi. Di sini menjelaskan tentang teknik atau strategi dalam pembelajaran tetapi saya tidak bisa memahami karena bahasa yang digunakan menggunakan bahasa arab tetapi di dalam buku ini tidak ada sama sekali terjemahannya.
Dalam buku ini memang memperkenalkan bahasa arab serta mengulas tentang cara-cara mengajar dengan baik.
 



1 komentar:

  1. assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh. untuk dapatain buku ini dimana ya kak?, saya perlu untuk referensi skripsi. terimakasih kak,

    BalasHapus

Cari Blog Ini

 

Blogger news

Blogroll