Judul Buku : Metodologi
Pembelajaran Bahasa Arab
Penulis : Acep Hermawan
Penerbit : PT REMAJA ROSDAKARYA
ISBN : 978-979-692-017-4
Tebal : 301 halaman
Harga : -
Oleh Badi'atul Khusna / 2812133012
Buku ini
menerangkan tentang metode pembelajaran bahasa Arab,inovasinya dan berbagai hal
yang berkaitan dengan aplikasinya disajikan di dalamnya. Penyajiannya dipadukan
dengan pembahasan teknologi media pembelajaran bahasa Arab.
Meskipun bahasa Arab dianggap asing bagi
Bangsa Indonesia , tapi bagi umat Islam tidaklah dianggap asing. Kalau saja umat
Islam dan umat lainnya mau melihat sejarah masa lalu, saat semangat keilmuan di
abad pertengahan memuncak, tentu akan mengetahui bahwa Bahasa Arab adalah bahasa
yang pertama kali menjaga dan mengembangkan sains dan teknologi. Karena itu,
tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa bahasa Arab merupakan peletak dasar
pertumbuhan ilmu pengetahuan modern yang
berkembang cepat dewasa ini.
Disisi
lain proses belajar bahasa Arab menuntut kecerdasan setip guru untuk memahami
aspek yang berkaitan dengan hasil pembelajaran, hasil ini perlu diperhatikan
tidak hanya dalam aspek aplikasi,metode,teknik, dan media pembelajaran tetapi
juga konstruksi penilaian penguasaan para pelajar terhadap materi yang
disampaikan.
Hakikat
dari bahasa menurut Al-Khuli (1982:148), bahasa adalah sistem suara yang
terdiri atas simbol-simbol arbitrer( (manasuka) yang digunakan oleh seseorang
atau sekelompok orang untuk bertukar pikiran atau berbagai rasa.
Asal
usul bahasa itu sendiri obyek yang menarik untuk diperbincangkan. Karena bahasa
merupakan aspek yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Banyak teori yang
mempersoalkan asal bahasa, ada yang lucu, ada yang aneh, sampai keying berbau
ilmiah ada dua pendekatan untuk melihat teori itu, yaitu pendekatan tradisional
dan modern. Pendekatan tradisional adalah bahasa dianggap memiliki keterlibatan
tuhan, bahkan Tuhanlah yang mengajarkan langsung kepada manusia. Pendekatan
modern adalah pendekatan yang bisa
bahaya,ngeri,dingin,menenggelamkan,hanyut,arus, dan sebagainya.
Bahasa
memiliki fungsi yang tak ternilai segala kegiatan yang dilakukan oleh manusia
tidak terlepas dari fungsi-fungsi bahasa. Bahasa dapat digunakan untuk berbagai
kepentingan, mulai dari hal-hal yang sifatnya sederhana dan pribadi sampai pada
hal-hal yang sifatnya kompleks. Beberapa fungsi bahasa antara lain alat
berfikir untuk memenuhi kebutuhan dasar, untuk berekspresi, media penghubung
antar kelompo,symbol agama,pendukung utama pengetahuan dan sebagai alat
pemersatu.
Buku
ini juga membahas bahasa Arab sebagai bahasa asing. Khusus bahasa Arab di
Indonesia,jika kita melihat gejala penggunaannyadi masyarakat,bisa jadi sebagai
bahasa asing, karena bukan merupakan bahasa pergaulan sehari-hari.
Pendidikan
bahasa Arab di Indonesia sudah diajarkan mulai dari TK (sebagian) hingga
perguruan tingg. Berbagai potret penyelenggaraan pendidikan bahasa Arab di
lembaga-lembaga pendidikan islam setidaknya menunjukkan adanya upaya serius
untuk memajukan sistem dan mutunya.
Disamping
itu, bahasa Arab juga mempunyai banyak tantangan. Menurut Syahin, realitas
dewasa ini juga dihadapkan pada tantangan globalisasi, tepatnya tanganan pola
hidup dan kolonialisasi Barat, termasuk penyebar luasan bahasa Arab didunia
Islam. Kemudian derasnya gelombang pendangkalan akidah,akhlak, dan penjauhan generasi
muda Islam dari sumber-sumber ajaran Islam melalui pencitraan buruk terhadap
bahasa Arab.
Keterampilan
bahasa Arab hanya diperoleh dan dikuasai dengaan jalan praktek dan banyak
latihan. Keterampilan bahasa Arab itu ada bermacam-macam antara lain keterampilan
menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan
menulis.
Di
dalam bahasa Arab, juga mengenal adanya teknologi media pembelajaran.
Pengertian media itu sendiri adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan
untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, dapat membangkitkan
semangat, perhatian, dan kemauan pelajar sehingga dapat mendorong terjadinya
proses pembelajaran pada diri pelajar. Diantara media pembelajaran dalam bahasa
Arab antara lain media audio, media visual, media audio visual.
Kamus
juga sangat bermanfaat dalam belajar bahasa Arab. Karena bahasa Arab memiliki
banyak aspek, antara lain bunyi-bunyi, bangunan kata-kata, susunan kalimat, dan
makna. Menggunakan kamus bahasa Arab kadang-kadang menjadi kendala karena
karakteristik perubahan kata-kata (morfologi) dalam bahasa Arab cukup unik
sehingga setiap kata tidak bisa dicari dengan sembarangan. Salah satu caranya adalah mencari kamus
yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dibaca. Karena dapat menambah dan memperluas
pengetahuan. Tentang kata yang dicari sesuai dengan istilah-istilah yang lazim
digunakan dalam kamus.
Kesuksesan proses
belajar mengajar di kelas dapat dilihat dari sejauh mana penguasaan kompetensi
yang telah dikuasai oleh seluruh pelajar (siswa) di kelas itu. Keberhasialan ini selalu dihubungkan dengan tujuan pembelajaran
atau kompetensi yang ingin dicapai. Begitu pula dengan proses belajar mengajar
bahasa Arab. Kesuksesan pembelajaran bahasa Arab akan tercapai apabila seluruh
pelajar menguasai kompetensi-kompetensi yang ada di dalam bahasa Arab.
Dalam
buku Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab ini penyajiannya dipadukan dengan
pembahasan teknologi media pembelajaran, termasuk isu-isu kontemporer, yang
berkaitan dengannya. Buku akan menemukan fungsinya sebagai pedoman bila
pengajar bahasa Arab bersikap terbuka untuk menerima pembaruan. Juga buku ini
bisa menjadi pegangan bagi para pengajar bahasa Arab di lembaga pendidikan
islam sehingga usaha-usaha standardisasi dalam proses pembelajaran bahasa Arab
dapat diwujudkan.
Adapun
kekurangan dari buku ini adalah buku ini terlalu tebal,penjelasannya kurang
memahamkan para pembaca dan juga gaya bahasa yang digunakan terlalu tinggi,
sehingga sulit dipahami.
0 komentar:
Posting Komentar