Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 30 Mei 2014

CARA BELAJAR BAHASA ARAB

 

Judul Buku : Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab                               
Penulis        : Acep Hermawan                                                               
Penerbit       : PT REMAJA ROSDAKARYA                                      
ISBN           : 978-979-692-017-4
Tebal           : 301 halaman
Harga           : -

Oleh Badi'atul Khusna / 2812133012

Buku ini menerangkan tentang metode pembelajaran bahasa Arab,inovasinya dan berbagai hal yang berkaitan dengan aplikasinya disajikan di dalamnya. Penyajiannya dipadukan dengan pembahasan teknologi media pembelajaran bahasa Arab.
 Meskipun bahasa Arab dianggap asing bagi Bangsa Indonesia , tapi bagi umat Islam tidaklah dianggap asing. Kalau saja umat Islam dan umat lainnya mau melihat sejarah masa lalu, saat semangat keilmuan di abad pertengahan memuncak, tentu akan mengetahui bahwa Bahasa Arab adalah bahasa yang pertama kali menjaga dan mengembangkan sains dan teknologi. Karena itu, tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa bahasa Arab merupakan peletak dasar pertumbuhan  ilmu pengetahuan modern yang berkembang cepat dewasa ini.
            Disisi lain proses belajar bahasa Arab menuntut kecerdasan setip guru untuk memahami aspek yang berkaitan dengan hasil pembelajaran, hasil ini perlu diperhatikan tidak hanya dalam aspek aplikasi,metode,teknik, dan media pembelajaran tetapi juga konstruksi penilaian penguasaan para pelajar terhadap materi yang disampaikan.
            Hakikat dari bahasa menurut Al-Khuli (1982:148), bahasa adalah sistem suara yang terdiri atas simbol-simbol arbitrer( (manasuka) yang digunakan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk bertukar pikiran atau berbagai rasa.

            Asal usul bahasa itu sendiri obyek yang menarik untuk diperbincangkan. Karena bahasa merupakan aspek yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Banyak teori yang mempersoalkan asal bahasa, ada yang lucu, ada yang aneh, sampai keying berbau ilmiah ada dua pendekatan untuk melihat teori itu, yaitu pendekatan tradisional dan modern. Pendekatan tradisional adalah bahasa dianggap memiliki keterlibatan tuhan, bahkan Tuhanlah yang mengajarkan langsung kepada manusia. Pendekatan modern adalah pendekatan yang bisa bahaya,ngeri,dingin,menenggelamkan,hanyut,arus, dan sebagainya.
            Bahasa memiliki fungsi yang tak ternilai segala kegiatan yang dilakukan oleh manusia tidak terlepas dari fungsi-fungsi bahasa. Bahasa dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, mulai dari hal-hal yang sifatnya sederhana dan pribadi sampai pada hal-hal yang sifatnya kompleks. Beberapa fungsi bahasa antara lain alat berfikir untuk memenuhi kebutuhan dasar, untuk berekspresi, media penghubung antar kelompo,symbol agama,pendukung utama pengetahuan dan sebagai alat pemersatu.
            Buku ini juga membahas bahasa Arab sebagai bahasa asing. Khusus bahasa Arab di Indonesia,jika kita melihat gejala penggunaannyadi masyarakat,bisa jadi sebagai bahasa asing, karena bukan merupakan bahasa pergaulan sehari-hari.
            Pendidikan bahasa Arab di Indonesia sudah diajarkan mulai dari TK (sebagian) hingga perguruan tingg. Berbagai potret penyelenggaraan pendidikan bahasa Arab di lembaga-lembaga pendidikan islam setidaknya menunjukkan adanya upaya serius untuk memajukan sistem dan mutunya.
            Disamping itu, bahasa Arab juga mempunyai banyak tantangan. Menurut Syahin, realitas dewasa ini juga dihadapkan pada tantangan globalisasi, tepatnya tanganan pola hidup dan kolonialisasi Barat, termasuk penyebar luasan bahasa Arab didunia Islam. Kemudian derasnya gelombang pendangkalan akidah,akhlak, dan penjauhan generasi muda Islam dari sumber-sumber ajaran Islam melalui pencitraan buruk terhadap bahasa Arab.
            Keterampilan bahasa Arab hanya diperoleh dan dikuasai dengaan jalan praktek dan banyak latihan. Keterampilan bahasa Arab itu ada bermacam-macam antara lain keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis.
            Di dalam bahasa Arab, juga mengenal adanya teknologi media pembelajaran. Pengertian media itu sendiri adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, dapat membangkitkan semangat, perhatian, dan kemauan pelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran pada diri pelajar. Diantara media pembelajaran dalam bahasa Arab antara lain media audio, media visual, media audio visual.
            Kamus juga sangat bermanfaat dalam belajar bahasa Arab. Karena bahasa Arab memiliki banyak aspek, antara lain bunyi-bunyi, bangunan kata-kata, susunan kalimat, dan makna. Menggunakan kamus bahasa Arab kadang-kadang menjadi kendala karena karakteristik perubahan kata-kata (morfologi) dalam bahasa Arab cukup unik sehingga setiap kata tidak bisa dicari dengan sembarangan. Salah satu caranya adalah mencari kamus yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dibaca. Karena dapat menambah dan memperluas pengetahuan. Tentang kata yang dicari sesuai dengan istilah-istilah yang lazim digunakan dalam kamus.
            Kesuksesan proses belajar mengajar di kelas dapat dilihat dari sejauh mana penguasaan kompetensi yang telah dikuasai oleh seluruh pelajar (siswa) di kelas itu. Keberhasialan ini selalu dihubungkan dengan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai. Begitu pula dengan proses belajar mengajar bahasa Arab. Kesuksesan pembelajaran bahasa Arab akan tercapai apabila seluruh pelajar menguasai kompetensi-kompetensi yang ada di dalam bahasa Arab.
            Dalam buku Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab ini penyajiannya dipadukan dengan pembahasan teknologi media pembelajaran, termasuk isu-isu kontemporer, yang berkaitan dengannya. Buku akan menemukan fungsinya sebagai pedoman bila pengajar bahasa Arab bersikap terbuka untuk menerima pembaruan. Juga buku ini bisa menjadi pegangan bagi para pengajar bahasa Arab di lembaga pendidikan islam sehingga usaha-usaha standardisasi dalam proses pembelajaran bahasa Arab dapat diwujudkan.
            Adapun kekurangan dari buku ini adalah buku ini terlalu tebal,penjelasannya kurang memahamkan para pembaca dan juga gaya bahasa yang digunakan terlalu tinggi, sehingga sulit dipahami.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

 

Blogger news

Blogroll