Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 02 Juni 2014

BAHASA ARAB DAN METODE PENGAJARANNYA



Judul                 :Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya
Penulis             : Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A.
Penerbit           : Pustaka Pelajar
Cetakan           : III, Oktober 2010
Tebal               : XXVIII + 180 halaman
ISBN               : 979-3237-51-1




Oleh Dessy Aprilia Ayuning Tyas


Bahasa arab merupakan salah satu bahasa mayor di dunia yang dituturkan oleh jutaan umat manusia yang secara resmi digunakan oleh kurang lebih 20 negara. Bahasa yang berasal dari rumpun bahasa Semit ini memiliki beberapa macam varietas (kolukwial, klasik) serta sistem dan pola linguistik. Bahasa arab juga diistilahkan sebagai bahasa Al Qur’an ( Bahasa kitab suci umat Islam ) yang mana merupakan bahasa yang besar signifikasinya bagi umat Islam sedunia baik dari Jazirah Arab maupun bukan. Dan itulah yang menunjukkan bahwa sangatlah istimewa bahasa Arab diantara bahasa – bahasa lainnya. Dari sinilah perlulah diketahui bahwasannya bahasa Arab sangatlah berpengaruh dalam kehidupan umat manusia dan tidaklah menutup kemungkinan seseorang untuk mempelajari dengan penggunaan suatu aplikasi inovatif demi terciptanya pemahaman yang lebih serta sesuai dengan nilai- nilai Islami.

            Dalam poin pertama buku ini dijelaskan bahwasannya bahasa Arab sebagai bahasa internasional yang disejajarkan dengan kedua bahasa modern yaitu bahasa Inggris dan Prancis. Sejak kebangkitan sastra Arab pasca lahirnya Islam, eksistensi bahasa Arab telah tampak di permukaan yang mana bahasa Arab merupakan bahasa demokratis, tanpa membedakan antara satu dengan yang lain, serta kata- kata Arab telah menjadi kosa kata bahasa internasional lainnya. Jadi tidak dipungkiri bahwa bahasa Arab memiliki eksistensi yang cukup signifikan dalam kehidupan bagi umat manusia di berbagai bidang.
            Selain itu pada poin yang kedua dipaparkan tentang pengajaran bahasa Arab terhadap khalayak baik metode – metode yang dicetuskan maupun media yang mempermudah proses pengajaran dan pembelajaran. Metodologi bahasa Arab pun erat kaitannnya dengan hal- hal yang bersifat heuristik yakni studi tentang penggunaan pengalaman dan usaha- suaha praktis. Dewasa ini banyak para ilmuwan yang mencentuskan ide- idenya yang melahirkan metode – metode inovatif yaitu Suggestopedia ( penerapan sugesti dalam ilmu mendidik), Counseling Learning ( memberi stimulasi dalam proses belajar secara intelektual ), dan The Silent Way ( respect kemampuan peserta didik untuk mengingat arahan pendidik tanpa adanya interversi pendidik dala penyelesaian masalah ). Dilihat dari interpretasi psikodinamik dapat ditafsirkan bahwasannya belajar suatu bahasa tergantung pada apa yang terjadi di dalam diri dan di antara manusia – manusia yang ada pada lingkungannya yang berarti adanya niat dalam diri untuk bisa mengembangkan kemampuan dengan usahanya dan tentunya disertai dengan motivasi orang- orang yang ada disekitarnya. Di sisi lain seorang ahli pengajaran bahasa sekaligus psikolog terkenal Dr. James J.Asher mencetuskan sebuah metode baru yang dinilainya efektif bagi teknik pengajaran bahasa yaitu teknik Total Phisical Response (TPR). Teknik ini diimplementasikan dengan cara membuat peserta didik diam, mendengar perintah lalu sejalan dengan apa yang telah diungkapkan pendidik, mereka melakukan apapun yang dilakukan atau diperintahkan sang pendidik. Teknik pengajaran ini juga berkaitan erat dengan proses implicit learning dan explicit learning. Dalam belajar secara implisit seseorang dituntut untuk diam sambil mendengar dan mengerti bahasa target (لغة الهدف) melalui istima’. Berikut contoh dari metode impisit:
1.      Dengan pengarahan/perintah

قم مدة قصيرة أنا أمسح وجهك أولا
Ø  Lalu seseorang melakukan perintah yang diberikan untuk membasuh mukanya terlebih dahulu.
2.      Dengan pertanyaan sederhana yang membutuhkan reaksi fisik
تريد أن تشرب االبن ؟
Ø  Kemungkinan pertanyaan tersebut dijawab dengan mengekpresikan sebagian tubuhnya seperti menganggukkan atau menggelengkan kepala maupun langsung meraih gelas yang berisikan susu tersebut.
Manakala tidak ada perbaikan kesalahan bahasa dari seseorang yang mengimplementasikan metode implisit kecuali memang perlu sekali dan tidak ada usaha menjelaskan secara eksplisit. Pengaplikasian suatu metode tidak hanya dengan cara teori akan tetapi juga praktis yang erat kaitannya dengan media yang memiliki banyak urgensi bagi proses pengajaran dan pembelajaran seperti yang diungkapkan oleh Prof. Mahmud Yunus (Al- Tarbiyyah wa At- Ta’lim):
إنها أعظم تأثيرا في الحواس واضمن للفهم ... فماراء كمن سمع
Bahwasannya media pengajaran itu berpengaruh besar bagi indra dan lebih memudahkan (dapat menjamin) pemahaman... orang yang melihat tidak sama dengan orang yang melihat. Berarti dengan adanya media dalam proses pendidikan dapat membangkitkan dan memperbarui semangat belajar seseorang serta dapat memantapkan pengetahuan dalam diri sendiri yang mana media tersebut membutuhkan gerak dan karya dalam pengaplikasiannya. Berikut ini beberapa media yang digunakan dalam dunia pendidikan antara lain bahasa ( lisan/ tulisan), berbagai jenis papan (papan tulis, pengumuman, plannel, kantong), gambar(stick figures/gambar tangan),media cetak, media proyeksi, maupun media elektronik. Akan tetapi yang harus diingat bahwasannya dalam pengaplikasian metode dan media perlulah adanya manajemen pembelajaran yang sekiranya mengurangi resiko dalam proses KBM dengan berpegang pada 3 unsur yaitu ide (pemikiran konseptual dimana perencanaan merupakan hal utama ), sesuatu ( berkaitan dengan administrasi), dan manusia ( berkaitan dengan pengarahan terhadap sang perencana untuk mampu mengimlementasikan kegiatan)
            Pembahasan yang terakhir dari buku “Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya” adalah tentang bahasa Arab dilihat dari segi linguistik (kebahasaan) serta kebudayaan dan nilai- nilai Islam. Tidak dipungkiri ada kemungkinan hubungan antara bahasa dan persepsi atau bahasa dan tindak tanduk, tetapi bahasa tidak membentuk atau menetapkan arah pikiran. Jikalau ternyata ‘membentuk’ maka beberapa ayat dalam Al Qur’an harus tersisihkan yang membuat umat manusia terbelakang dan tidak mampu berkembang sesuai dengan zaman. Sesungguhnya perbedaan antara bahasa yang satu dengan yang lainnya disamping digunakan sebagai salah satu sarana komunikasi dan mengenal antarbangsa di dunia juga merupakan salah satu bukti kebesaran dan kekuasaan Allah SWT yang tidak mengandung cacat dan pertentangan. Seperti penjelasan pada poin pertama bahwasannya bahasa Arab merupakan bahasa kitab suci Al Qur’an yang didalamya berisi pedoman dan petunjuk hidup bagi umat manusia sampai hari kiamat yang tidak pernah berganti kandungannya dengan kemajuan zaman demi zaman.Dari sini jelas bahwa perbedaan linguistik bukanlah suatu hal yang harus dirisaukan oleh umat manusia. Dalam Al Qur’an dijelaskan bahwasannya suatu kebudayaan dapat melahirkan nilai-nilai luhur yang bersifat islami seperti yang temaktub dala QS.Al Isra’
 
Menunjukkan bahwasannya ada nilai etika kerja dalam perspektif perjalanan sejarah kebudayaan Islam. Dan dari sinilah perlu aktualisasi nilai- nilai serta pola pikir Islam secara obyektif  yang senantiasa siap sedia merubah perilaku dan pola pikir yang tidak konstruktif, efektif, serta tidak kondusif terhadap kemodernan demi terwujudnya misi Islam dalam pengaktualisasian nilai – nilai Islam.
            Dalam buku bertemakan bahasa Arab ini ditemukan beberapa bab yang kurang mengarah pada pokok pembahasan. Dan hal itu memberikan pemahaman yang terpecah  kepada si pembaca. Namun buku karangan dari Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A. ini pun mampu memberikan referensi khususnya bagi para pendidik untuk dapat memberikan pemahaman terhadap anak didiknya tentang pembelajaran bahasa Arab secara sistematis dengan metode – metode inovatif serta berbagai media yang kiranya dapat mempermudah kedua pelaku pendidikan tersebut dalam meningkatkan serta menumbuhkan semangat dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Tentunya dengan manajemen pendidikan yang terarah dan sesuai dengan bidangnya serta mampu mengaktualisasikan nilai – nilai dan pola pikir Islami.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

 

Blogger news

Blogroll