Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 02 Juni 2014

Oleh Agista Aruni Sanjani / 28132133002

Korelasi Antara Metode dan Hasilnya dalam Suatu Pembelajaran

Judul Buku       : Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab
Penulis             : Ulin Nuha, M.Pd.I.
Penerbit           : DIVA Press (Anggota IKAPI), Yogyakarta
Cetakan           : Pertama, November 2012
Harga              : Rp. 34.000,-
Tebal               : 320 halaman
ISBN               : 978-602-7665-97-2







Melahirkan sebuah metode, media dan materi pembelajaran dalam ranah bahasa Arab, hendaknya perlu memperhatikan karakteristik bahasa arab dan peserta didik yang dihadapi. Karena itulah memilih metode yang tepat dan sesuai sangatlah penting demi terciptanya hasil dan tujuan yang maksimal dari suatu pembelajaran. Kiranya seperti itulah pesan penulis dalam karyanya.
Pada bab pertama dan kedua buku karangan Ulin Nuha, M.Pd.I. ini memaparkan sekilas tentang pertumbuhan sekaligus perkembangan bahasa Arab dan hakikat makna bahasa.
Kemudian pada bab tiga memaparan tentang orientasi, problematika, dan prospek pembelajaran bahasa arab dalam pendidikan. Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia sudah mulai tersebar ke perguruan tinggi islam. Hal ini tampak dengan adanya jurusan pendidikan bahasa Arab, jurusan sastra Arab yang di buka di UIN, IAIN, STAIN. Bahkan hal tersebut juga sudah menjalar ke perguruan tinggi swasta, semacam UAD, UMY, STAI, MAFA, dan lain-lain. Akan tetapi, yang di sayangkan adalah sumber daya manusia sebagai pengajar dan sumber referensi sebagai rujukan masih sangat kurang bahkan bisa dikatakan miskin. Tidak hanya miskin sumber daya manusia dan referensi, tampaknya semakin tragis lagi dengan adanya kurikulum pembelajaran bahasa Arab yang ada di Indonesia bersifat ijtihadi dari masing-masing lembaga, bukan merupakan hasil ketetapan dari Departemen Agama RI. Alhasil, dari fenomena tersebut, muncul banyak keluhan dan kritikan dari masyarakat yang ditunjukkan pada perguruan tinggi, utamanya pada jurusan PBA. Keluhan tersebut berkenaan dengan dengan lulusan atau output PBA tidak atau kurang memiliki kemahiran dan keterampilan berbahasa (istima’, kalam, qiro’ah, dan kitabah).
Oleh karena itu, Ulin Nuha, M.Pd.I, melalui karyanya, mengajak kita untuk melakukan terobosan-terobosan untuk mengatasi keluhan dan kritikan tersebut, yaitu dengan memberikan aneka keterampilan bahasa Arab yang bias terwujud keterampilan aktif (berbicara dan menulis) atau pasif (mendengar dan membaca). Serta, keterampilan untuk mengoperasikan berbagai media pembelajaran bahasa Arab yang berbasis IT.
Proses kemajuan berbahasa atau mempelajari bahasa Arab bagi orang Indonesia sangat tergantunng pada dua faktor. Pertama, tingginya perbedaan dan persamaaan antara bahasa mereka dan bahasa Arab yang sedang dipelajarinya. Kedua, seberapa jauh siswa memberikan pengaruh Arab terhadap proses mempelajari  bahasa Arab.
Poin- poin penting pada buku ini terdapat pada bab empat, lima, dan enam, yakni tentang keterampilan berbahasa, metode-metode, dan media pembelajaran. Tujuan utama dari pembelajaran bahasa Arab adalah menggali dan mengembangkan kemampuan  peserta didik dalam menggunakan bahasa, baik secara aktif (lisan) atau pasif (tulis). Dalam dunia  pembelajaran bahasa, kemampuan menggunakan bahasa di sebut “kemahiran berbahasa” (maharah al-lughah). Secara umum keterampilan dan kemahiran  bahasa dibagi menjadi empat, yaitu: keterampilan menyimak (maharah al-istima’), keterampilan berbicara (maharah al-kalam), keterampilan membaca (maharah al-qiro’ah), dan keterampilan menulis (maharah al-kitabah). Adapun keterampilan menyimak dan membaca dikategorikan dalam keterampilan berbahasa reseptif. Sedangkan, keterampilan berbicara dan menulis dikategorikan keterampilann bahasa produktif. Pada hakikatnya, semua keterampilan berbahasa saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Oleh karena itu, ketika para pengajar ingin mengajarkan bahasa asing, hendaknya berpegang pada urutan urutan tersebut. Dalam kegitan belajar mengajar, sangat penting bagi seorang guru untuk mempunyai berbagai metode. Jika seorang guru tidak mempunyai dan menguasai metode dalam mengajar, maka kegiatan belajar mengajar tersebut tidak akan maksimal dan cenderung gagal. Oleh karena itu, menguasai metode pembelajaran sangatlah penting agar para guru akan semakin terampil dalam menyesuaikan materi pembelajaran. Jika hal tersebut terlaksana maka hasil dan tujuan dari pembelajaran pun akan dapat tercapai dengan sangat bagus. Kenapa hal tersebut bias terjadi? Sebab, satu metode yang bagus bagi sebuah tujuan dan bahan pembelajaran,terkadang tidak cocok bahkan tidak bias dipakai dan diterapkan untuk tujuan pembelajaran dan bahan pembelajaran yang lainnya. Fungsi dari metode pembelajaran, yaitu: metode sebagai alat motivasi ekstrinsik, metode sebagai strategi pengajaran, metode sebagai alat untuk mencapai tujuan. Macam-macam metode pembelajaran secara garis besar dibagi menjadi dua, yaitu: metode mengajar klasikal atau kelompok (ceramah, Tanya jawab, diskusi,dll.) dan metode mengajar individual (Tanya jawab, drill, pemberian tugas individu, dll.). Banyak sekali metode yang selama ini dapat digunakan dalam kegiatan berbahasa, seperti: direct method, natural method, psychological method, phonetic method, reading method, geammar method, dll. Setelah mengetahui sekilas tentang metode-metode pembelajaran, kiranya sangat penting dalam setiap kegiatan pembelajaran itu disertai dengan media pembelajaran. Banyak definisi yang di berikan oleh para ahli, tetapi disini saya hanya mengambil satu definisi saja, bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian penerima (siswa) sedemikian rupa sebagai tanda terjadinya proses pembelajaran. Media pembelajaran berfungsi untuk membantu seorang guru atau sumber penyalur pesan guna mencapai target-target tertentu dalam sebuah pembelajaran. Dari segi jenisnya , media pembelajaran ada 3 macam, yaitu: media Audio atau Auditif, media Visual, media audiovisual.
Buku “Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab” ini sangat bermanfaat bagi para pembaca khususnya pengajar dan bagi para peserta didik yang ingin mendalami dunia pembelajaran Bahasa Arab, karena di dalamnya terdapat berbagai metode besertaan dengan teknik penggunaan yang bisa menjadi referensi pembelajaran Bahasa Arab.  Agar dalam suatu pembelajaran di dapatkan hasil yang maksimal.
Selain memiliki kelebihan, pada buku ini juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah terdapat pengulangan kalimat pada setiap sub-bab nya sehingga menyebabkan kurang efektif dan  pemborosan halaman.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

 

Blogger news

Blogroll